PROJECT LIFE CYCLE Persiapan Proyek Tender Konstruksi Proyek Operasional Proyek Akhir Konsensi JASA KONSULTASI Sindikasi Penasihat Transaksi Penasihat Keuangan

A. LAYANAN UNTUK KLIEN SEKTOR PUBLIK

  1. Layanan Konsultan Transaksi

    Menyediakan layanan konsultan transaksi kepada klien sektor publik, seperti kementerian, pemerintah daerah dan BUMN/BUMD dalam proyek-proyek infrastruktur yang melibatkan kontrak antara lembaga pemerintah yang berwenang dan pihak swasta, dimana pihak swasta menyediakan layanan publik dengan menanggung risiko finansial, operasional dan teknis dalam proyek tersebut.

  2. Jenis proyek infrastruktur yang dapat diberikan layanan konsultan transaksi dapat mencakup:

    1. Proyek-proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No.38/2015; dan
    2. Proyek-proyek non-KPBU,antara lain proyek IPP di sektor pembangkit listrik atau or proyek B2B PDAM di sektor air minum.

    Lingkup dari layanan konsultan transaksi antara lain pelaksanaan uji tuntas dan perencanaan proyek, pelaksanaan konsultasi pasar, studi kelayakan, analisis dukungan pemerintah, penyiapan struktur komersial, negosiasi, pelaksanaan proses tender/pengadaan, dan proses institusionalisasi dengan tujuan alokasi risiko yang optimal dan proyek yang bankable di samping juga meningkatkan kualitas layanan yang dihasilkan proyek tersebut.

  3. Layanan Konsultasi Kebijakan

    Menyediakan layanan konsultasi kepada klien di sektor publik seperti kementerian dan pemerintah daerah dalam memformulasikan kebijakan terkait proyek infrastruktur dan/atau peningkatan kapasitas dalam rangka percepatan pengadaan infrastruktur.

B. LAYANAN UNTUK KLIEN SEKTOR SWASTA

Layanan Konsultan Keuangan dan Transaksi

Menyediakan layanan konsultan keuangan dan/atau transaksi kepada klien sektor swasta pada setiap tahapan siklus proyek infrastruktur. Lingkup layanan konsultan keuangan antara lain adalah pelaksanaan uji tuntas proyek, penyiapan proyek, penyiapan struktur komersial, studi kelayakan, penyiapan penawaran lelang untuk memenangkan tender konsesi, negosiasi perjanjian konsesi, penggalangan dana ekuitas dan/atau pinjaman proyek, valuasi, transaksi joint venture dan juga penggabungan dan peleburan.