Skip to content
ID EN
  • Beranda
  • Tentang IIF
    • Ikhtisar
    • Pemegang Saham
    • Strategi Kami
    • Visi dan Misi
    • Organisasi
      • Struktur Organisasi
      • Dewan Komisaris
      • Komite Eksekutif
    • Sumber Daya Manusia
  • Bisnis
    • Produk dan Layanan
      • Keistimewaan Produk IIF
      • Pembiayaan dan Investasi
      • Jasa Konsultasi
      • Sektor
      • Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)
    • Portofolio dan Proyek
      • Grafik Portofolio
      • Peta Proyek
    • Policy Brief
  • Sosial dan Lingkungan
    • Prinsip S&E IIF
    • Sistem Manajemen S&E
    • Ringkasan Proyek
  • Hubungan Investor
    • Informasi Keuangan
      • Laporan Tahunan
      • Laporan Berkelanjutan
      • Laporan Keuangan
    • Update Investor
    • Peringkat
    • Ikhtisar Keuangan
    • Profesi Penunjang Pasar Modal
    • Obligasi
    • Tata Kelola Perusahaan
      • Sistem Whistleblowing IIF
      • Sekretaris Perusahaan & Audit
      • Manajemen Risiko
      • Komite
      • Dokumen-dokumen Lain
  • Berita
    • Pengumuman
    • Berita Terbaru
      • Galeri
      • Siaran Pers
  • CSR
  • Karir
  • Kontak
">

Sosial dan Lingkungan

  • Prinsip S&E IIF
  • Sistem Manajemen S&E
  • Ringkasan Proyek

Proyek Infrastruktur Kereta Api Makassar-Parepare

Ringkasan Proyek

Kode Proyek:PTPP-CRI559-04RMRA
Proyek:Kereta Api
Sektor:Transportasi
Kategorisasi S&E:A
Lokasi:Sulawesi Selatan
Status:Aktif
Tanggal Penerbitan Pertama:Juni 2021

Summary

Image of a railway

Pada Juni 2021, IIF menandatangani perjanjian sindikasi dengan pemberi pinjaman lain untuk membiayai pembangunan dan pengembangan Lintasan Pelapis Semen Tonasa dan Ketenagakerjaan Garongkong sebagai bagian dari Proyek Perkeretaapian Makassar – Parepare.

Jalur Kereta Api dengan panjang total 142 km ini terdiri dari 6 (enam) segmen, yaitu Segmen A, Segmen B, Segmen C, Segmen D, Segmen E, dan Segmen F. Tujuan Pembangunan Jaringan Kereta Api Makassar – Parepare sebagai Fase I dari Jaringan Kereta Api Trans Sulawesi untuk percepatan distribusi pembangunan infrastruktur nasional sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019.

Beroperasinya Jalur Kereta Api Makassar – Parepare akan menimbulkan dampak berganda bagi pemerintah, lingkungan bisnis, serta masyarakat. Pemerintah akan mendapatkan keuntungan dalam pengurangan kemacetan lalu lintas dengan adanya perpindahan transportasi logistik ke kereta api, bisnis akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari efisiensi biaya pengangkutan barang dan masyarakat akan mendapatkan keuntungan dari transportasi penumpang yang lebih baik. Jalur tersebut akan menghubungkan pelabuhan-pelabuhan utama di Makassar seperti Pelabuhan Garongkong dan Makassar New Port (MNP), karena fungsinya untuk mendukung badan usaha dalam terkait dengan pergerakan barang dan angkutan penumpang. Selain itu, konektivitas jalur kereta api akan menarik calon investor ke Sulawesi Selatan sebagai kawasan bisnis yang prospektif.

Berdasarkan Uji Tuntas Sosial dan Lingkungan (SEDD), proyek ini dikategorikan sebagai Proyek Kategori A dalam hal risiko dan dampak. Kategorisasi ini mempertimbangkan sifat dan skala proyek serta potensi risiko dan dampak proyek terhadap aspek sosial dan lingkungan.

 

Dokumen

UKL UPL Project

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di: sneteam@iif.co.id

Update Terakhir: Juni 2021

PT Indonesia Infrastructure Finance

Prosperity Tower 53rd – 55th Floor, District 8
Sudirman Central Business District, Lot 28
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Indonesia

Phone : (+62) 21 5082 6600 - Fax : (+62) 21 5082 6601

Email : info@iif.co.id

Follow us:
© Copyright 2019 Indonesia Infrastructure Finance. All rights reserved.
  • Imprint
  • Kukis
  • Kontak
  • Syarat dan Ketentuan

IIF File Request Form

×
This field is required
Invalid Email ID
I hereby request access to Investor Update 1Q21 given by IIF. Thank you.

IFF File Request Form

×
Thank you for your request, we will get back to you shortly through your@mail.com